November 23, 2012

Doa Malaikat Tuhan

Akhir-akhir ini lagi rajin berdoa. Salah satunya Doa Malaikat Tuhan yang didoakan setiap jam 6 pagi, 12 siang dan 6 sore. Ada cara yang gampang biar ga lupa berdoa, pasang alarm di hp pada jam-jam itu. Dijamin selalu inget..

Oh ya sedikit cerita tentang asal muasal Doa Malaikat Tuhan, gue ambil dari sini, gue kopi aja yah biar sekalian dibaca.

Doa Malaikat Tuhan (bahasa LatinAngelus Domini nuntiavit Mariae) adalah salah satu devosi untuk menghormati penjelmaan Tuhan menjadi manusia, dan didoakan tiga kali dalam sehari, pada pagi hari, siang hari dan sore hari, ketika lonceng dibunyikan. Doa Malaikat Tuhan terdiri dari tiga kali doa Salam Maria yang diselingi dengan beberapa ayat, jawaban, dan sebuah doa.
Kebiasaan untuk mendoakan doa pada pagi hari dimulai di Parma, pada tahun 1318, ketika tiga kali doa Bapa Kami dan tiga kali doa Salam Maria diperintahkan untuk didoakan, untuk mendapatkan berkat kedamaian. Lonceng yang memberikan tanda dikenal sebagaiPeace Bell. Hal serupa juga ditetapkan oleh Uskup Agung Arundel pada tahun 1399.
Lonceng yang dibunyikan pada siang hari dimaksudkan untuk memanggil orang-orang beriman untuk melakukan meditasi sebagai peringatan akan sengsara Yesus, dan hanya dibunyikan pada hari Jumat. Tetapi setelah beberapa saat, lonceng juga dibunyikan pada hari-hari lainnya.
Pada awalnya Doa Malaikat Tuhan hanya terdiri dari bagian pertama doa Salam Maria yang diulang tiga kali. Doa ini didoakan untuk keberhasilan para tentara Salib dalam peperangan pada masa itu.

Sumber-sumber Alkitab
Narasi yang diringkaskan dengan begitu indah di dalam devosi ini dapat ditemukan pada bab pertama Injil Lukas dan dari Injil Yohanes. Jadi, dengan mendoakannya, kita diingatkan pada pagi hari, siang hari dan sore hari akan Dia yang atas namanya kita akan diselamatkan dan Bunda Maria. Selama masa paskah, doa Malaikat Tuhan diganti dengan doa Ratu Surgawi (Regina Coeli).

Bahasa Indonesia

  • Maria diberi kabar oleh Malaikat Tuhan, bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus. Salam Maria ...
  • Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu. Salam Maria ...
  • Sabda sudah menjadi daging, dan tinggal di antara kita. Salam Maria ...
  • Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah, supaya kami dapat menikmati janji Kristus.
Marilah Berdoa: Ya Allah, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus Putra-Mu menjadi manusia; curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salib-Nya, kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami. Amin

Bahasa Inggris

  • The angel of the Lord declared unto Mary, and she conceived by the power of Holy Spirit.
Hail Mary, full of grace, the Lord is with you. Blessed are you among women, and blessed is the fruit of your womb, Jesus. Holy Mary, Mother of God, pray for us sinners, now and at the hour of our death. Amen.
  • Behold the handmaid of the Lord, be it done unto me according to your Word. Hail Mary...
  • And the Word was made flesh, and dwelt among us. Hail Mary...
  • Pray for us, O Holy Mother of God. That we may be made worthy of the promises of Christ.
Let us pray: Pour forth, we beseech thee, O Lord, Your grace into our hearts, that we to whom the incarnation of Christ Thy son was made known by the message of an angel, may by His Passion and Cross be brought to the glory of His resurrection; through the same Christ our Lord. Amen.

Bahasa Latin

  • Angelus Domini nuntiavit Mariae et concepit de Spiritu Sancto. Ave Maria...
  • Ecce, ancilla Domini. Fiat mihi secundum verbum Tuum. Ave Maria...
  • Et verbum caro factum est et habitavit in nobis. Ave Maria...
  • Ora pro nobis, Sancta Dei Genetrix, ut digni efficiamur promissionibus Christi.
Oremus. Gratiam Tuam, quaesumus, Domine, mentibus nostris infunde, ut, qui angelo nuntiante, Christi, Filii Tui, incarnationem cognovimus, per passio nem eius et crucem ad resurrectio nis gloriam perducamur. Per eundem Christum, Dominum nostrum. Amen.

Semoga berguna bagi kita semua. Tuhan memberkati..!!

2 comments:

Fabz said...

Kak Ria... thank you so much utk postingan doa malaikat Tuhan ini di blog kk. I was doing my second operation - corrective operation for my anal fistula problem, the first one was on wednesday the 8th july '15 and it was rather a failed one hence on monday morning (yesterday 13th july '15) the surgeon left me with a choice of having a corrective procedures to redo the operation. i was so stressed and depressed - not to mention the pain on my anus (they've cut a small amount of muscle down there and it burns and stings and.. u name it deh kak, sakitnya udh bikin mata bengkak krn nangis terus)...

Anyways kak, to cut the story short, dr hr senin pagi itu pas2an my mum juga sampe dr jakarta utk temenin the whole process... jadi bertiga dengan august, suamiku... kita nungguin process operasi kedua yg dijadwalkan jam 4 sore kemarin. My mum ajak doa koronka dan ud selesai doa my mum and august pergi pulang... saya masih nangis beringus2 parah menjelang jam 4.... then come 4.30... trus jam 5... jam 5.30... saya masih di ruang tunggu, belum di operasi2 juga. My mum kasih tau untuk doa malaikat Tuhan jam 6 sore, kalau biasa doa kan my mum yg lead jadi aku ga bingung... nah ini aku sendirian di holding room cuma bisa google and i was stranded in your blog. Saya doain sampe abis dan nangis lega karena kata perkata doanya reminds me of every single thing is indeed in God's hand. Percuma saya tanya kenapa saya yg harus sakit kaya gini? Salah saya apa, dosa saya apa, why why why why whyyyy W H Y aiaiaiaiaiiii ��������������������������

Tuhan memberkati kakak, suami, mama kakak, adik2 kakak, tmn gereja kk dan si duri dalam daging yg ga penting itu ya kak. The whole hour of waiting dari selesai doa malaikat Tuhan saya baca blog kakak back to back dan saya thankful banget bisa dipertemukan dengan blog kk ini. You would not imagine betapa kata-kata di semua postingan kakak bisa mengalihkan stres saya pre operation, entertaining skaleee :)

Oh iya kak, i was trying to conceive a child since early this year, sama seperti kakak saya ditanya kapan pny anak and so on and so forth ga udah2an. Mo jelasin tertunda karena harus operasi pantat ke yg nanya juga sungkan ya kitaaa, apalg ini penyakit gak common...

Melalui blog kakak ini nih... pertama, saya mau kenalan sama kakak (kepanjangan ya intronya kak) hahahaha. Namaku fabrianne, currently working as a conveyancer in perth wa, bersuamikan august yg juga kaya kk - kerja IT...

KEDUA!!!!! saya mau minta tolong sama kakak please post terus tulisan2 asoy kakak krn setelah operasi semalem jam 9, recovery saya bakal takes 6 weeks and i would loveeeeeeee to read your posts and befriend with u in real life. Nanti plg indo saya mau ketemu malaikat Tuhan yg namanya riantiiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!! Hahahhaha.

God is good kak, He has plans in each everyone of His children without them knowing, I'm beyond grateful to meet over the internet kaya gini ��

Udah dl ya kak, tar aku mo update blog aku, terpacu dr tulisan2 kakak heheh.

Ciaobella. Seperti ituuuuuuuuuuu~~~
Your number 1 fans
Fabz.

RianTi said...

Hai fabz.. waaah campur aduk deh perasaan aku baca komen kamu. Dari sedih karna denger kamu nahan sakit sampe ketawa-ketawa karna ada yang ngefans sama aku.. ehehe.. gak nyangka aja tulisan tanpa konsep diblog ini bisa menghibur. Iya deh bakalan sering rajin posting biar kamu terhibur.

Semoga cepet sembuh yaaa darling.. lumayan tuh istirahat 6 minggu, bisa ngabisin buku-buku yang belom dibaca selama ini.. :D