September 10, 2014

Gratis semua.. pake bpjs

Banyak temen yang nanya soal cabut gigi bungsu gue kemaren. Kebanyakan nanyanya sih.. sakit ga..?? hmmm.. kayanya ini tergantung orannya deh ya, kalo dari awal udah penakut mungkin aja jadi dia sakit banget tapi berhubung gue sok berani, jadi aman-aman aja, sakit sih dikit tapi gak sampe berlebihan, lagipula kan dikasih obat penghilang nyeri, asal minumnya teratur ga masalah kok.

Pertanyaan selanjutnya adalah, habis berapa..? kurang dari 10ribu. Loh kok bisa..?? yah kan pake BPJS, jadi semua gratis, 10ribu itu biaya fotokopi doang sama beli air minum di rumah sakit.

Pake BPJS..? emang bisa buat bedah mulut, caranya gimana.? bener gratis ga bayar apa-apa..? iyaaaaa bener. Nih gue kasih tau caranya.


Pertama gue pergi ke klinik yang gue pilih pada waktu pendaftaran BPJS. Sebut aja klinik Afia (ehehe.. emang ini namanya). Berhubung gue maunya sigigi bungsu dicabut ga pake tambel-tambelan, jadinya sama dokter dikasih rujukan ke rumah sakit untuk rontgen. Rumah sakit yang dirujuk adalah MMA (Menteng Mitra Afia) yang mana rumah sakit lengkap yang selemparan batu doang dari kliniknya.

Sampe di MMA, gue lampirin fotokopi BPJS, KTP dan surat rujukan sebanyak 2 rangkap ke loket khusus BPJS. Tunggu bentar trus langsung ke bagian rontgen. Langsung dilayani dan nunggu 10 menit hasilnya jadi trus balik lagi ke dokter gigi di klinik.

Setelah dokter lihat hasilnya ternyata akar gigi gue bengkok, dan dia ga berani cabut, lagipula ini gigi bungsu biasanya butuh dibedah. Akhirnya gue dirujuk lagi ke MMA buat bedah mulut.

Besokannya gue balik ke MMA, prosedurnya sama fotokopi BPJS, KTP dan surat rujukan rangkap 2, diserahin ke loket BPJS. Habis itu dikasih berkas dan langsung kasih bagian pendaftaran, bilang mau ke dokter gigi. Setelah masuk ruangan poli gigi, sama dokternya cuma didilihat gigi dan hasil rontgennya, habis itu dia langsung kasih tau kalo gigi gue harus dibedah karna akarnya bengkok dan posisinya bungsu.
Trus dijadwalin buat bedah gigi, katanya tunggu orang rumah sakitnya nelpon aja.

Selang 4 hari kemudian gue ditelpon buat dijadwalin bedah mulut. Pada hari H nya gue kerumah sakit dan lagi-lagi nyerahin 2 rangkap fotokopi BPJS, KTP dan surat rujukan. Setelah itu gue serahin berkas dipendaftaran dan kasih tau gue udah dijadwal bedah mulut. Ga lama gue dipanggil dan langsung tindakan. Selesai tindakan gue keluar bawa berkas yang dikasih dokter ke loket BPJS, sama orang loketnya disuruh fotokopi rangkap 5 semua berkas itu.
Selesai difotokopi dan dibalikin ke loket, gue tunggu sebentar buat ambil obat. Setelah dipanggil, trus tandatangan, gue pulang tanpa bayar sepeserpun.

1 Minggu sesudahnya gue balik lagi kerumah sakit buat cabut jahitan. Prosedurnya sama, lampirin fotokopi BPJS, KTP dan surat rujukan (masih pake surat rujukan awal, makanya jangan sampe ilang nih surat sakti) sebanyak 2 rangkap ke loket BPJS. Trus kasih berkas ke bagian pendaftaran bilang kedokter gigi mau cabut jahitan. Trus tindakan dan habis itu kasih semua berkas yang dikasih dokter ke loket BPJS sekalian ambil obat dan tandatangan. Yang ini gratis juga.

Bener kan gratis.. cuma bayar biaya fotokopi aja kok dan emang ribet bolak-balik, tapi sebandinglaaah sama biaya bedah mulut yang mahal.

Tips dari gue :
Sebaiknya bedah mulut dilakukan saat gigi sedang tidak nyeri. Kemaren gigi gue dalam kondisi normal karna udah dibantai duluan sama obat gigi, jadi udah gak nyut-nyutan. Lagipula jadi ga nyaman kalo lagi sakit gigi tapi kita disuruh bolak balik klinik-rumah sakit-fotokopi-rumah sakit-fotokopi-rumah sakit (bisa beteee)

Khusus buat yang perempuan sebaiknya tidak saat menstruasi karna kata dokter gigi yang diklinik, kalo lagi haid biasanya darah yang keluar lebih banyak.

Beranikan diri, inget aja pas sakit gigi rasanya kayak apa, masak mau sih besok begitu lagi. Kalo gue mah ogaaah gigi sakit berulang-ulang.

Jangan banyak protes disuruh fotokopi terus, ya memang itu prosedurnya, makanya sebelum kerumah sakit, sediain tuh fotokopi yang banyak biar ga bolak-balik, juga dengerin perintah orang loket dan bagian pendaftaran baik-baik biar kita ga salah dan jadi kesel.

Banyak-banyak berdoa dan alihkan perhatian saat menunggu panggilan dokter, misal main games ato dengerin lagu metal di ipod. Biar ga takut dan jadi santai aja kayak mau kepantai batting eyelashes.

Cari klinik dan rumah sakit yang bagus buat berobat. Supaya pelayanan dan alat medisnya juga udah bagus, jadi kita puas berobat disitu dan ga bikin trauma. Temen gereja gue cerita waktu dia bedah gigi bungsu di rumah sakit daerah cengkareng, bibirnya sampe robek dikit karna dokternya grasa grusu tindakannya dan ga secepat tindakan gue, dia bilang lebih dari 45 menit..!!worried

Semoga berguna.. salam gigi sehat..!!

46 comments:

dina chaerudin said...

lahhhh sama banget neh sama nasib w....sakiti gigi pernah ke ruma sakit minta dicabut tapi malah ditambel dan suruh perawatan ajah ( kesannya kaya w banyak waktu buat bolak balik ke rumah sakit ...dah jauhh..w libur kerja cuma hari minggu ajah ) nah pas tambalan gigi w copot alhasillll penyakiti gigi w kumat lagi dan itu SAKIT NYA DISINI ( sambil nunjuk gigi ) dan sampe sekarang belum sempet ke dokter ( karena berfikir mahal mahal dan mahal ) dari gigi sakit sampe sembuh sampe sakit lagi haahahaha....untung w dah baca blog ini ea jdi berani dikit lah dan w dah punya BPJS heheh ( karena gratisssss gratisss ) cape sakit gigi mulu.....makaseh ea buat kisah penyakit giginya hahaha

Ria said...

Sama-sama dina.. ayoo buruan diberesin sakit giginya.

Kalo mau pake bpjs sebaiknya cari klinik dan rumah sakit yang deket kantor (kalo kerja) biar pas bolak-balik gak kebanyakan izin (bisa jam makan siang ke kliniknya.

Semoga cepet sembuh yaaa..

Anonymous said...

Bagi pengalam yah..aku kmrn tgl 3 des operasi gigi bungsu di rs fatxxx krn rujukannya kesana.obat biusnya gak mempan.cuma berasa di lidah aja.sakit bgt dibor,di cabut,di jait,semuanya berasa sakiiiiittt..pulangnya aku gak antri obat lagi,krn pengen pingsan,sakitnya bukan main...akhirnya nebus obatnya di apotik cenxxx dgn obat yg lebih bagus..karna takut aja,sakitnya berlebihan..dokternya rada jutek,baru masuk,ditanya giginya kenapa? Aku jawab dgn baik,tp dokternya ketus bgt.walhasil,,bener lah dugaanku..dokternya gak ada bahasanya,tahan yah atau apalah,selama operasi aku,pdhl aku udh teriak2 kesakitan..yah..kayaknya utk gigi kanan,gak bakalan kesana lagi deh rujukannya.hehehe..sis Ria,rmhs skt MMA itu d mana? Minta ancar2 nya donk..dokternya baik gak? Hehehe..siapa tau aku bs minta rujukan bpjs aku ke sana.makasih yah,bisa bagi cerita aku di blog kamu..

Ria said...

hai hai.. wah turut berduka yah atas ceritanya. memang gak semua rumah sakit tuh pelayanannya bagus, sama kayak kisah temen aku, bibirnya sampe robek karna dokternya ga telaten.
Puji Tuhan banget pas kemaren itu, aku dapet dokter yang baik dan telaten. Dokter bedah mulut dan dokter yang cabut benang jahitan, 2 duanya baik banget, mereka sabar dan telaten. Kalo gak salah nama dokter bedahnya dr. Afrizal, kalo dokter yg cabut jahitan, cewek lupa namanya, yg jelas dia dokter gigi biasa bukan bedah mulut.

Alamat RS MMA ada di Jl. Kalipasir No.9 Cikini, JakPus, No.Telpnya 021-3154050 (siapa tau butuh).

Ancer-ancernya pom bensin kramat raya, deket apotik Titi Murni. Disitu ada gang, masuk aja terus sampe ujung jalan mau kecikini, lumayan jauh, jangan jalan kaki.

Atau kantor pos cikini, masuk kedalam gang juga, kalo dari sini gak terlalu jauh, jalan kaki gapapa.

Semoga infonya berguna ya.. makasih udah mampir..

daryana setyawan said...

oh ya kalau gigi saya g sakit trus mau cabut jg bisa g ya? mslah nya gigi sya tu tumbuh.a g lurus, bisa g ya saya cabut pake BPJS kira2? help me

Ria said...

Hai Daryana, menurut aku sih bisa-bisa aja, karna lama-lama gigi itu akan menggangu dan sebaiknya dokter dikasih tau seperti itu.

Biasanya ini berkendala dikebijakan dokter dan rumah sakit. Yaah tau sendiri kan, karna BPJS gratis kadang yang gak sakit dicuekin. Lebih baik pinter-pinter cari dokter untuk ngasih rujukan.

sri indah sari said...

kalo rontgen perut bisa pake bpjs ga?

RianTi said...

Bisa aja sri.. asal ada surat rujukan dokter dari puskesmas ato klinik.

black pearl said...

surat rujukan itu maksudnya gmna sih? q udah punya bpjs,tp belum pernah dipake.. q jg blm paham nanti gimana makenya..coz q nggak tinggal di rumah (jateng).. takutnya gk bisa dipake ditempat q tinggal skrg (jatim).. thnx..

RianTi said...

Surat rujukan itu, surat yang dibuat oleh dokter klinik atau puskesmas yang bisa dipakai untuk berobat dirumah sakit besar yang fasilitasnya lebih lengkap.

Biasanya surat rujukan diberikan apabila klinik atau puskesmas BPJS kamu kurang lengkap fasilitasnya.

Tetapi kalau klinik atau puskesmas tempat kamu berobat sudah lengkap, tentu gak akan dikasih surat rujukan lagi.

black pearl said...

Gini deh,,sori ya klo q jadi kepo gini,abisnya gk tau mau nanya siapa lagi.. ortuq aja yg bikinin bpjsq nggak ngerti gimana2nya..
jadi klo misalkan gk pake2 surat rujukan bisa nggak qta lgsg berobat di rumah sakit dmn aja? Misalkan contohnya qta lagi berada di daerah jauh,trus sakit/kecelakaan,trus masuk rumah sakit di daerah tsb,itu bisa langsung pake bpjs gtu aja nggak? .. mkasih bgt wat infonya..

RianTi said...

Untuk kecelakaan dan dalam kondisi gawat darurat lainnya, tentu bisa. Asal rumah sakitnya menerima pasien BPJS (puskesmas atau rumah sakit pemerintah).

Kalau BPJS kamu daftarnya di Jateng sedangkan domisili kamu Jatim, dan akan lama tinggal disitu (jatim), lebih baik ganti aja faskesnya.

Semoga membantu ya..

budi said...

mbak ria, klo surat rujukan itu yg nentuiin sapa? bisa kita yang nentuin? soalny takut dpt rs yg pelayanny buruk..
mau tanya klo foto rontsenny jg bayar jg kah?

RianTi said...

@budi : surat rujukan bisa kita yang nentuin dimana rsnya. Bilang aja sama dokternya sebelum surat rujukannya dibuat.

Kemarin saya foto rontgen gratis, prosedurnya sama, ada surat rujukan untuk rontgen dan lapor kebagian bpjs dan kasih berkas.

anastasia tutiek said...

Thank ya Rianti informasinya.
kebetulan saya lagi nyari bedah mulut yang bias pake bpjs. Tapi sayangnya saya belum ke dokter gigi dari faskes 1 yang tertera di kartu. saya masih pake dokter gigi langganan. dia sudah berikan surat pengantar untuk cabut 2 gigi graham belakang. kira2 ada ga yah rumah sakit yang langsung bias terima surat rujukan dari dokter pribadi non bpjs. thanks hv a blessed day

RianTi said...

Hai Anastasia, sepengetahuan saya (dan saya juga pernah tanya langsung) Kita gak bisa pakai surat rujukan ke rumah sakit BPJS kalo dokter awalnya atau klinik (puskesmas) awalnya bukan dari BPJS.

Semoga infonya membantu yaa..

ani tri said...

Hallo Ria., apakah pelayanan ditmpat mba Ria untuk poli gigi setiap hari ada (tanpa terkecuali sabtu & minggu) ?
Soalnya ditmpat BPJS saya dokter giginya hanya di hari2 tertentu saja.. Dan bisa menjadi masalah besar jika terjadinya sakit gigi di saat2 weekend...

Thanks Ria...

wawan17 said...

Hallo Ria.. Apa di tempat kamu utk pelayanan poli gigi ada setiap hari (tanpa terkecuali Sabtu & Minggu) ?
Soalnya BPJS ditempatku cuma ada di hari2 tertentu ajj., bisa jadi merepotkan jika terjadinya sakit gigi di hari weekend...

Thanks Ria...

RianTi said...

Hai Ani dan Wawan, sayangnya kalau ditempat saya (klinik faskes) pelayanan gigi hanya senin sampai jumat. Sabtu dan minggu tutup.

Pernah waktu itu saya sakit gigi hari sabtu... yaaaa minum cataflam pereda nyeri aja, seninnya baru keklinik.

martha said...

Halo Kak Ria,
saya sedang google untuk mencari info mengenai bpjs dan operasi gigi geraham bungsu dan menemukan tulisan kakak. boleh saya tau apakah harus berobat ke puskesmas dulu untuk ,mendapat rujukan ya. saya blm punya bpjs baru mau akan membuatnya. Mohon infonya ya karena saya baca karena bpjs dokternya suka jutek tidak bersahabat dan takut sekali efek obat bius yang sudah tidak mempan. Terima kasih sebelumnya. GBU

RianTi said...

Hai Martha.. kalau dibaca lebih detail, udah terjawab kok dipostingan saya. Memang harus kepuskesmas dulu sebelum dirujuk ke rumah sakit besar. Atau bisa juga keklinik seperti saya, tentunya klinik yang sudah bekerja sama dengan BPJS.

Semoga membantu yaaa...

Herwin Refian said...

Kak aq jg mo d bedah nih abis bln...dlu kk gusinya bngkak bngt ga,soalnyabgusi blakang aq bngkak gede smpe aq g bs mkn sm skali..btw abs d bedah gtu...bsa makan nasi atau d sranin mkn bbut aja sm dr nya ya...?? Tdinya mw ke rs fatxxx tpi dnger ada yg crita gtu...lngsng batalin aj lah...mndingbke tmpat ka rianti aja walaupun jauh d jkt...saya stay d dpok...thx ya infonya...ngebantu bngt :-))

RianTi said...

Hai herwin, kemarin gusi saya juga sempet bengkak dan dikasih obat dulu sampai kempes dan gak sakit, baru dibedah.
Dokternya gak mau cabut kalau gigi pasiennya dalam kondisi sakit dan menstruasi (katanya bisa pendarahan berlebihan kalau dibedah).
Jadi saran saya, minum obat dulu aja sampai gusinya gak bengkak lagi.

Habis bedah memang dianjurkan makan bubur dulu ato makanan lunak, tapi saya kemarin sih cuma sekali makan buburnya, selebihnya makan seperti biasa.

Unknown said...

Hay..hay.. Ada info gak kalo kita sdh daftar di puskesmas tp krna tdk bisa bikin gigi palsu kita coba ke klinik atau dokter praktek yg trima bpjs bisa gak yah..ada yg punya info hak

Unknown said...

Hai mbak
Mau nanya, kalau gigi berlubang dan ada karang gigi apakah bisa di cover bpjs? Kadang berdarah tapi tidak pernah merasakan nyeri. Terimakasih atas responnya

RianTi said...

Gigi berlubangnya mau dikasih tindakan apa? cabut ato ditambal? kalau itu tindakannya bisa dicover, atau kalo hanya cek gigi saja sekedar mau tau kenapa berdarah juga bisa pastinya. Untuk karang gigi kebetulan saya belum pernah coba jadi sori ya gak tau jawabannya.

Ernaaa Septiani said...

Surat-surat yang harus dibawa apa aja, kak?
Soalnya kartu BPJS saya belum saya terima, kata RT yang udah jadinya baru punya ayah aja. Kemarin juga waktu ke puskesmas minta rujukan saya pake kartu kesehatan yang lama + bpjs ayah + kartu keluarga kak. Mohon bantuannya.
Senin bakal ke RS. Udah ga sanggup lagi sama sakit giginya. Udah empat bulanan nahan-nahan sakit gigi dan baru dua bulan terakhir tau kalau ternyata ada gigi bungsu saya tumbuh di kiri atas (dan udah besar banget) dan miring ke arah pipi dan nabrak geraham sebelahnya. Sakitnya sampai semua gigi atas sakit, pelipis sakit. Leher kaku. Kepala puyeng ;-; belain ga sekolah dulu deh

maaf malah curhat ya kak. Lagi terasa banget ini sakitnya..

RianTi said...

Hai erna, kalau kemarin saya hanya bawa kartu bpjs, ktp dan surat rujukan beserta fotocopiannya. Untuk kasus kamu maaf saya gak tau, bisa kamu tanya diloket bpjs dirumah sakit tempat kamu berobat aja ya..

Salam.. semoga cepet sembuh giginya..

pujie haryani said...

hai Rianti, mau tanya, untu kemnggunakan BPJS, pada hari sabtu Loket nya buka ga ? thanks Info nya yah :)

RianTi said...

Hai Puji, untuk lebih jelasnya sebaiknya ditanya diklinik atau rumah sakit yang bersangkutan, karena tidak semua sama jam buka prakteknya.

Igun Rianda said...

hy rianti ... aku gk punya BPJS. klo pake KIS(kartu indonesia sehat) bisa gk?

Igun Rianda said...

hy rianti ... aku gk punya BPJS. klo pake KIS(kartu indonesia sehat) bisa gk?

RianTi said...

Hai igun.. maaf ya karna saya gak pake KIS, jadi kurang paham deh soal prosedur dan peraturannya..

Lembayung Senja said...

Hy rianti mau tanya nih, gigi bungsu saya juga bermasalah karna tumbuh ke samping bikin sakit kepala, kuping sama leher. Setelah searching google ternyata biayanya mahal. rencananya saya baru mau daftar bpjs. Cara daftarnya itu gimana ya, saya ada yang mau bantu daftarin tapi diminta uang 100rb. Trus kalo saya udah terdaftar kira2 kapan bpjsnya bisa digunakan ? Soalnya gak kuat pengen secepatnya aja ini si bungsu dibuang jauh2...

RianTi said...

Hai lembayung, kamu dateng aja ke kantor bpjs kesehatan terdekat, langsung daftar dan setelah kartunya jadi, biasanya bisa langsung dipake kok.
Cepet sembuh yaaa...
Eh btw, saya suka banget lho sama nama lembayung.. romantis.. ehehe

sponge bob said...

Jadi inget sebelum lebaran kemarin aku jg cabut gigi impaksi, hahaha. Yg sakit sebenernya cm satu, tp setelah rontgen, diliat yg tumbuh miring ternyata 44nya atas bawah. Aku pake bpjs. Dokternya nawarin, mau cabut 1 atau 44nya? Aku jawab aja 44nya sekalian dok, soalnya kalo 1, nanti ke depannya yg lain sakit cabut lagi, sakit lg, jadi pikirku..drpd cabut2 terus, mending cabut sekaligus 44nya biar sakitnya sekali itu aja :D
seminggu kemudian dioperasi, bius total, operasi 2.5 jam, operasinya lama krn ada satu gigi yg dlm bgt, jd susah ngeluarinnya..
bangun2 pipi bengkak, mulut disumpel kapas biar darahnya berenti.
Nginep di RS sehari, besok pulang. Sama sekali ga sakit kok, beneran deh, cm ga enak aja pipi bengkak, apalagi masuk hari kedua ketiga bengkaknya tambah gede, bru setelah itu lama2 kempes. Makan cm boleh bubur sementara. Kalo menurutku, mending cabut gigi, drpd sakit gigi, kalo sakit gigi apalagi kena saraf itu sakitnya bukan main, bahkan sampe hrs minum pereda nyeri. Oiya, aku cabutnya di Jogja krn domisili Jogja.

herrysp said...

sebenarnya Kita Peserta BPJS itu Membayar..(Lewat Iuran) baik Mandiri ataupun Perusahaan.
Hanya sja Sifatnya Asuransi Kesehatan yang Di Kelola dan ditanggungjawabkan oleh BUMN yang bernama BPJS..

Dan Memang ada Peningkatan Prestasi Akan Pelayanan Kesehatan yang Dulu Bernama JAMSOSTEK menjadi semakin Baik..walau belum merata dan Masih adanya stetment NEGATIF terhadan Nama JAMSOSTEK dan BPJS yang cenderung Level Menengah Kebawah...
Ya... biasalah Manusia Mungkin tidak hanya Orang Indonesia saja..Orang2x dari negara lain juga sama kali..

Mariana Fitri Widyanti said...

Kalau mw ganti gigi dengan bpjs kelas 1kena biaya apa ngga ya?

Septian Rheza Pahlevi said...

Hy.. Mau tanya ini aku pingin cabut gigi.. Tapi separo udah tertutup gusi gtu.. Dlu gag dituntasin langsung sma dokter gigi sblumnya.. Kalo posisi hamil gimna ya ngaruh gag ya.. Itu bisa pake bpjs kan operasinya brarti..

kuncoro said...

Wah rontgen nya gratis ya? Kok aku barusan dikasih rujukan untuk rontgen gigi ke klinik "apalah2" katamya ga di cover sama bpjs n biayanya sekitar 200 rb an..
Kasusnya sih kurang lebih sama, gigi bungsu mau di cabut, disuruh rontgen dulu.. Tp kok bayar ya..
Apa jangan2 klinik "apalah2" itu punya dokter gigi itu ya?
Mo balik kesana minta rujukan rontgen yg gratis bisa ga ya? Di rumah sakit kaya mbak rianti gtu.. Ntar dokternya illfeel ga ya? Trus pelayanannya jd ga ikhlas.. Sayang aja 200 rb nya...

RianTi said...

Hai kuncoro.. iya sekarang sepertinya bayar. Terakhir temen saya rontgen gigi disana juga bayar. Mungkin kebijakannya sekarang berubah.

karinaal said...

mau tanya dong mba kalo mau rontgen gigi bpjs gimana yya caranya... aq tadi ke drg. bpjs ktnya gk bisa kalo kasih rujukan. mohon infonya donk kak untuk prosedur rontgen gigi pake bpjs. soalnya faskes tingkat 1 dr keluarga kalo dr. gigi ada sendiri. mkasih

RianTi said...

Hai karinaal, kalo aku rontgen memang disuruh dokternya jadi langsung dikasih surat rujukan ke rs. Mungkin karna sekarang bpjs gak cover rontgen, jadinya dokter gak ngasih rujukan Kali. Kamu rontgen sendiri aja dirs.
Semoga membantu yaa..

Anonymous said...

Di Rs mana mas cabut giginya ?

Nadya Sagala said...

Kamu cabutnya di jogja di rs mana ya? Boleh minta kontak kamu buat nanya" ga?

Nadya Sagala said...

Kamu cabutnya di jogja di rs mana ya? Boleh minta kontak kamu buat nanya" ga?